liburan bersama orang tua

menikmati liburan bersama keluarga di akhir tahun adalah hal yang sangat menyengkan. namun sebelum kita berangkat kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar liburannya berjalan lancar, terutama kalau kita berpergian bersama orang tua yang sudah lanjut usia.

kenapa demikian?

karena mungkin saja orang tua yang sudah lanjut usia fleksibilitasnya sudah tidak seperti saat muda. begitu pula dengan kekuatan fisik, dan sebagainya.

pertama-tama saat liburan bersama orang tua, buatlah itinerary yang sesuai dengan kesenangan, kenyamanan, dan kemampuan fisik juga mental mereka. jangan memkasakan sesuatu yang nantinya membuat mereka terlalu lelah dan berakhir tidak menikmati perjalanan tersebut. kalau orang tua tidak tahan dikeramaian maka carilah tempat yang lebih sepi seperti taman, danau, dan sebagainya. begitu juga sebaliknya.

jangan lupa membuat asuransi perjalanan yang melindungi kebutuhan kesehatan dan sebagainya sebagai tindakan proteksi

pilih maskapai yang menawarkan rute langsung, kalau tidak ada, usahakan carilah rute yang memiliki jam transit dan perjalanan terpendek menuju lokasi yang dituju.

untuk penginapan carilah hotel atau tempat penginapan yang memiliki standard yang mendekati kebiasaan hidup sehari-hari mereka, tujuannya untuk membuat mereka cepat beradaptasi dan rasa nyaman.

obat-obatan dan segala keperluan yang biasa digunakan harus selalu dibawa, demikian juga perlindungan saat terjadi perubahan cuaca seperti payung, jaket. mantel hujan, pelindung matahari, topi, dan sejenisnya, tergantung kondisi iklim tempat kita berlibur.

saat liburan akhir tahun, rata-rata semua tempat yang banyak dikunjungi wisatawan pasti ramai, untuk menghindari antrian panjang sebaiknya membeli tiket masuk secara online terlebih dahulu, dan pastikan waktu untuk berkunjung sesuai dengan waktu yang tertera pada tiket tersebut.

selain membawa kartu kredit dengan limit yang sudah dibesarkan (*tetapi bukan untuk digunakan belanja), membawa lebih dari anggaran uang cash dalam mata uang tempat yang dikunjungi juga perlu, sebagai prokteksi apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan (*sekali lagi ingat bukan untuk dana extra belanja).

sepatu atau alas kaki, dan pakaian yang nyaman juga merupakan modal penting, karena saat berlibur kita akan banyak berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain, atau sekedar berjalan berkeliling tempat wisata yang dituju.

minum banyak air, meskipun mungkin resikonya akan sering ke toilet, tetapi itu lebih baik daripada terjadi dehidrasi. karena saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka tubuh dapat menjadi lemah dan bisa menyebakan ketidak sadaran pada fase yang kritis.

untuk kita pribadi gunakan tas punggung agar mudah membawa semua keperluan orang tua, dan usahakan orang tua berjalan bebas tanpa perlu membawa beban yang berat di bahu dan tangan.

dan tentunya masih banyak lagi hal-hal kecil lainnya yang harus kita perhatikan, tujuannya adalah bagaimana liburan akhir tahun bersama keluarga ini menjadi berkesan, terutama bersama orang tua lanjut usia.

percayalah…. kebahagian yang terpancar dari wajah mereka akan menghilangkan lelah dan kerepotan yang kita lalui selama liburan. orang tua senang, kita pun akan merasa bahagia.

selamat berlibur

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: