cinta itu (tidak*) menyiksa

hasil oborolan dengan satu sahabat tentang percintaan salah satu teman dekat yang percintaannya cukup mengikat. ikatan yang terjadi bukan hanya soal perasaan tapi juga soal financial. hanya saja ikatan yang terlampau kuat ini timpang sebelah.

kenapa urusan financial termasuk dalam pembahasan percintaan? karena pada akhirnya urusan financial sering kali menjadi batu sandungan. seperti timbangan, sama berat sama rasa. kalau timbangan terlalu berat sebelah maka akan menjadi beban di salah satu pihak. saat cinta masih berada dalam musim semi hal itu tidak akan menjadi masalah. tapi apa jadinya saat musim kemarau tiba? panceklik panjang bisa terjadi dan akan menuai hasil panen yang menyakitkan.

mungkin terlalu terkesan pelit dan hitung-hitungan kalau diawal menjalin hubungan sudah membahas soal timbangan angka ini. tapi bukannya lebih baik semuanya dibahas diawal sebelum semuanya menjadi terlambat dan menyakitkan?

seperti halnya saat interview kerja dan negosiasi pendapatan, semuanya dibahas didepan. proyeksi untung rugi sudah harus dipaparkan dengan jelas alih-alih khayalan mimpi untung besar yang tak kunjung datang, apalagi kalau sampai merugi.

memang kalau sudah cinta kadang kita bisa tutup mata, tapi ada baiknya tutup mata hanya untuk hal-hal kecil saja, tutup satu mata untuk hal-hal yang masih bisa ditolerir, dan buka mata lebar-lebar untuk urusan yang memiliki proyeksi jangka panjang.

perasaan memang kadang bisa mempermainkan akal sehat, tapi logika tetap harus diusahakan untuk dipertahankan. kejernihan dalam berpikir membaca ilustrasi masa mendatang juga menjadi syarat penting untuk membuat sebuah hubungan percintaan akan terus bertumbuh dalam perasaan kasih sayang dan tidak meninggalkan kekecewaan yang melukai hati, apalagi sampai berujung  trauma untuk melangkah ke tangga berikutnya dalam kehidupan.

cinta itu indah, cinta itu  (tidak*) menyiksa, *selama ada logika dan perhitungan yang tepat.

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: