kenyamanan dalam ketenangan

beberapa kali saya sering mendapat direct message lewat akun instagram saya menanyakan soal foto yang saya unduh.  kesan yang tertangkap oleh kamera handphone yang saya gunakan adalah seringnya saya menikmati hidup sendirian. dan pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah “kenapa?”, “kok jarang rame-rame kak?”, dan berbagai pertanyaan sejenis.

biasanya saya hanya menjawab dengan “Hahahahaha”, atau “semua lagi pada sibuk sendiri-sendiri”.

sampai suatu saat saya sendiri sadar memang semakin kesini pertemanan saya semakin mengerucut. semakin sedikit, namun pertemanan ini lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas pertemuan. bukan berarti jarang berkomunikasi tetapi memanfaatkan berbagai aplikasi untuk kebutuhan ini, dan mencari waktu yang tepat untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. dan saat bertemu menjadi waktu yang  benar-benar dinikmati bersama

apakah kesepian? rasanya tidak.

entah kenapa sekarang rasanya waktu semakin cepat berlalu. dari bangun di pagi hari, meluangkan waktu bersama hewan-hewan peliharaan, merawat tanaman, sarapan, kerja, makan siang, olah raga, makan malam, dan berbagai aktifitas lainnya sudah menyita waktu yang ada. bahkan kadangkala bisa beberapa hari lamanya tidak sempat menonton TV atau memabaca komik sekedar untuk relaksasi.

bahkan sekarang kalau  mencari tempat untuk makan siang atau sekedar beristirahat lebih memilih tempat yang tidak padat, kalau kebetulan coffee shop tiba-tiba ramai? earphone menjadi penolong utama dengan musik yang memuasakan diri sendiri dibandingkan mendengar suara yang bercampur aduk tidak karuan.

saat malam tiba, berdiam tenang dalam meditasi ringan sebelum tidur menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. jauh dari hiruk pikuk suara manusia.

apakah ini pengaruh usia yang tidak lagi remaja atau memang pergeseran kebiasaan yang membawa kesenangan tersendiri saat berada dalam suasana tenang, terbebas dari kebisingan, drama, bahkan konflik yang tidak penting. namun yang pasti berada dalam suasana tenang dan nyaman menjadi kepuasaan tersendiri.

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: