kenakalan 2012

23 Apr

sudah lumayan lama pronto dan carino tidak membuat prestasi yang membanggakan. kalimat diatas tolong diartikan senegatif mungkin. dan tahun 2012 ini, tepatnya bulan april mereka kembali mementaskan sebuah maha karya eksklusif yang belum tentu bisa dibuat oleh seniman manapun apalagi hanya sekedar desainer produk atau desainer mebel.

malam itu pulang kerja saya seperti biasa sebelum masuk rumah bermain sebentar dengan mereka terus lihat ikan dan kura kura. nah kebetulan lihatlah ada tikus kecil melintas, dan tikus itu sembunyi dibelakang lemari. bagian atas tertutup rapat adalah tempat penyimpanan makanan pronto, carino, gina kura kura, dan makanan ikan. bagian bawah ada 3 laci tersusun rapi. laci pertama tempat penyimpanan sisa kabel listrik yg sewaktu2 bisa dipakai.
laci kedua tempat penyimpanan aneka barang gak penting tapi penting. barang barang yang mau dibuang tapi kemungkinan satu waktu dibutuhkan. laci ketoga kosong.

pemeriksaan mulai dari tempat penyimpanan makanan hewan hewan manja ini. semua aman. lanjut laci pertama. astaga…. banyak sekali kotoran tikus. laci kedua, yoolooooooooo banyak amat kotorannya plus bekas pipis tikus. laci ketiga bersih.

gak tahan lihat kotor, laci pertama dan kedua langsung saya bersihkan. dan biar tikusnya gak masuk lagi saya berinisiatif untuk tidak memasang dulu laci laci itu ketempatnya, kecuali laci ketiga karena memang bersih.

setelah semua beres saya mandi dan tidur. bangun pagi pemandangan seru yang bisa menaikan tekanan darah sampai jarum tensi pengukur darah putus ada didepan mata.

carino ada didalam laci ketiga, gak bisa keluar, duduk manis disitu dan pipis kayak tikus didalam laci. mumgkin dalam hati dia bilang ” saya ini penghuni eksklusif gak pernah pipis disini, kok malah tikus imigran gelap berani sekali pipis duluan, saya harus tunjukan saya punya kuasa”

setelah saya keluarin carino, mata ini gak lepas dari bagian lemari yang rusak digigit pronto. mungkin mau nolongin carino keluar dari situ tapi gak bisa, yang pasti lemari itu kayunya jadi rusak karena bekas gigi besar pronto.

adegan kejar kejaran pake sapu lidipun tidak dapat dihindakan lagi. emosi saya naik sampai ke ubun ubun. pronto sadar diri kalau buat salah jadi dia diam, tapi carino kayak gak ada salah, cuek secuek cueknya. bikin tambah emosi.

gagal berperang dengan sapu lidi, saya ngomel sejadi jadinya, pronto diem, sampai ketakutan dan sembunyi di bawah pohon palem, dia lupa kalau badannya besar, tetep aja keliatan jelas. sementara carino duduk santai menantang angin sambil lidahnya melet melet tanpa dosa.

20120423-124330.jpg

dua hari kemudian saya harus keluar kota untuk urusan kerjaan. titip pesen jaga rumah ke pronto dan carino, dengan sangat manis pronto goyangim ekornya sambil jilatin tangan saya, carino? sudah angga aja gak ada. gak guna titip dia.

empat hari kemudian saya pulang.
sampai rumah sekitar jam 7 malam, pemandangan yang jelas terlihat dari gerbang pagar adalah pronto lg gali gali tanah dekat garasi. baru sampai rumah emosi sudah diubun ubun “PRONTOOOOOOO STOP” dan pronto diam, sambil duduk matanya ditutup, kuping menempel kedalam, gaya khas pronto kalau merasa berbuat salah.
carino gak keliatan ujung hidungnya. kemana dia?
setelah taruh koper dan tas, saya berkeliling ke taman samping, mencari carino. ya ampunnnnnnn darah apa ini? lantai penuh darah… dan carino ada diatas sofa. saya pikir carino berantem, tapi itu gak mungkin, pronto gak segila itu. begitu lampu ruang makan dinyalakan…. jeng jeng jeng jeng……. carino duduk manis di sofa yang sudah dibungkus bahan anti air, dekat kolam kura kura, dan didepannya ada tikus kecil sudah mati.

sepertinya mereka berhasil menangkap imigran gelap yang bikin semua perkara itu muncul. carino pasti yang nangkap, karena dia yang paing lincah dan sekarang lagi dijaga ketat hasil buruannya sampai tidak mejemput saya di pagar. sementara pronto mungkin tadi gali tanah untuk nguburin tikus ini, karena dia pernah lihat waktu aldo meninggal ditanamnya deket pagar juga. darah darah ini hasil perangnya. ok besok mereka berdua harus mandi dan sikat gigi.

tikus itu secepat kilat saya bungkus dengan plastik, 2 lapis dan buang keluar, tukang sampah akan ngambil besok pagi.
malam itu berakhir. saya mandi dan istirahat. besok pagi aja ngepel lantainya.

pagipun tiba. setelah mandi saya langsung turun untuk membersihkan sisa perang pronto carino dengan imigran gelap itu. tapi ternyata daah darah itu bukan darah si tikus yang sudah mati dikepung carino. ternyata pronto lagi mens….arghhhhhhhhhhhhh………. “PRONTOOOOOOO KALAU MENSI JANGAN NAIK DI TERASSSSSSS, DIBAWAH SANAAAAA” perang babak baru dimulai, pronto pergi sambil nunduk, carino tetep aja cuek tanpa beban jalan jalan di lantai yang baru saja dibersihin dengan obat pel hampir seperempat botol. “CARINOOO OUT” dan dia pergi…. bukan pergi… cuma pindah tempat di lantai yang masih basah habis pel lainnya.

Leave a Reply

