ikan besar dan ikan kecil

16 May

adalah suatu sore saya lagi duduk di teras sambil makan buah, ngobrol dengan orang yang membantu merapikan rumah setiap hari. memang ini jam dia bertugas. dan kita ngobrol soal ikan… obrolan gak penting tapi akhirnya menanmpar saya.

karena mengingat ikan koi sudah makin besar dan sepertinya sesak di kolam yang ada disamping ruang makan, akhirnya dengan bantuan tukang taman jadilah kolam ikan baru yang lebih besar untuk menampung pergerakan ikan ikan ini , tujuannya supaya mereka hidup lebih sehat. dan nantinya kolam ikan lama ini akan dihuni Gina si kura kura yang selama ini hidup di kolam berukuran 1,5 x 1,5 m.

proses pemindahan ikan dari kolam lama ke kolam baru berjalan sukses, tapi ada satu anak ikan, kecil sekali, paling baru 5 cm panjangnya susah sekali untuk dipindahin, tiap mau ditanggkap dia selalu bisa lepas dari jaring, dan sembunyi diantara batu. alhasil ikan kecil ini dibiarkan saja di kolam ikan lama, sampai satu waktu kura kura datang, dan gak bisa ditolong lagi, kura kura menyamar jd batu tiba tiba menyergap ikan kecil ini, dan selesai sudah riwayat si ikan kecil.

waktu hal ini saya ceritain ke pengurus rumah yang lagi nyapu ruang makan, dia diam sebentar terus bilang
“ikan itu kayak kita manusia, coba kamu pikir, kadang kita mau diselamatin, mau dibawa ke sesuatu yang lebih enak cuma memang prosesnya susah, tapi kita yang gak mau, dan akhirnya kita celaka sendiri”

jeruk yang lagi saya makan kayak gak bisa ketelan, shock, OMG pemikiran simple tapi dalem itu datang dari orang yang setiap hari nyapu halaman

***
satu sore, lagi mencoba ngeringin bulu pronto tiba tiba saya lihat ikan koi yang besar sudah tewas di daratan. ya ampun kagetnya luar biasa.

sepertinya ikan ini lompat dari kolam mungkin karena belum terbiasa di tempat baru

sama seperti manusia, kadang kurang bersyukur, sudah dikasih tempat yang enak, hal hal menyenangkan, tapi selalu merasa kurang, dan akhirnya ketidak puasan membawa masalah besar, semua kita sendiri yang buat.

***
sekarang saya cuma bersyukur dengan apa yang sudah dikasih, hari besok saya gak tahu mau seperti apa, tapi saya percaya semua sudah disiapkan, segala sesuatu indah pada waktuNya.

Leave a Reply

